>
logo>

angel's kitchen

R H E M A

Kita tahu sekarang , bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikkan bagi mereka yang mengasihi Dia , yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. ( Roma 8 : 28 )
INGAT WAKTU
MY CLUB
logo

kbb

kbb

kbb

SHOUT BOX
Bagi temen-temen yg mau ngisi cooment tentang my blog..bisa ngisi disini nich.. Monggoo
PERNAK PERNIK


MY GOOGLE READERS
Other things










Add to Technorati Favorites

Bolu Kukus Avocado
Wednesday, February 27, 2008
Saking penasaran dgn laporan bolkus avocado yg bersliweran beberapa hari ini
di milis NCC, jadi kepengen nyoba juga. Masak seeh ikutan gagal..*twink..twink..sombong amat ni orang...*
Hasil..jreng..jreng..jreng.. B A N T A T dgn sukses. huahahahahaha...
Ini dia penampakannya




Pas hangat2 sich lumayan lah. Tapi begitu dingin.. alamak kayak makan sandal karet hahahahahaha...
*makanya bu, jadi orang jangan sombong..*
Untungnya kemaren beli alpukatnya 2 , gede2 pula..
Bikin juice lagi.. siapkan bahan , ulang dari awal..
Hasilnya..meskipun bolkusnya tidak ketawa ngakak,
hanya tersenyum simpul en malu2 , lumayan lah.
Paling tidak masih mengembang en empuk buat dimakan.kqkqkqkq.

Ini dia penampakannya




Resep original bisa liat di blognya mbak Kartika.
Here's the link http://naylacantik.multiply.com/journal/item/5/avocado_steamed_cake

Ini salinannya,

BOLU KUKUS ALPOKAT
Resep dasar dari bolu kukus Kara

Modifikasi by bibien

Bahan:

- 250 gr tepung terigu

- 225 gr gula pasir halus

- 250 ml juice alpukat ( aku bikinnya pake alpukat 1/2 biji + susu cair dr susu Dancow FC + air hangat 200 ml)

- 3 butir telur yang sedang

- 1 sdt Emulsifier ( aku pake sponge 28 )

- ½ sdt Baking Powder Double Action

- Vanili secukupnya,( aku gak pake )

- Pewarna hijau secukupnya ( aku pake yg hijau apel )

- Mocca pasta untuk aksen warna

Cara membuat:

- Panaskan kukusan dengan api besar yang penutupnya diberi serbet agar air kukusan tidak jatuh ke adonan pada saat pengukusan.

- Kocok gula dan telur sampai setengah mengembang, masukkan emulsifier. Kocok lagi sampai gula larut dan adonan mengental. ( aku ngocok kurleb 10 menit lebih)

- Masukkan 1/3 bagian tepung terigu yang telah diayak bersama BPDAnya sambil terus dikocok, masukkan juice alpukat.

- Secara bergantian masukkan selang seling tepung dan juice, terakhir tepungnya

- Masukkan vanili dan pewarna, kocok sebentar kemudian matikan mikser.

- Ambil sebagian adonan di mangkok kecil, beri perasa mocca dan black forrest, aduk sampai rata, taruh di kantong spuit kecil, potong ujungnya. Siap digunakan untuk aksen warna.

- Sisa adonan masukkan dalam kantong spuit besar, potong ujungnya. Siap digunakan.

- Siapkan cetakan bolu kukus yang sudah dialasi cetakan kertas, tuangkan adonan dasar ¾ bagian, isi dengan adonan mocca-coklat sedikit, tutup lagi dengan adonan dasar .

- Kecilkan api sampai sedang, jaga air tetap mendidih/bergolak halus, supaya air tidak kena adonan.
- Masukkan adonan dan kukus selama 10 menit

Just sharing :
Hari ini 4 X aku bikin adonan bolkus alpukat yg heboh ini.

Yang pertama : bikinnya pake cara bolkus traditional yaitu campur semua bahan jadi satu lalu kocok. Hasilnya : BANTAT dgn sukses

Yang kedua : bikin dgn cara cake. Kocok gula + telur dulu sampe ngembang , baru masukkan TBM merk Sponge 28.Kocok lagi sampe kental. Baru tuang camp.terigu en juice alpukat bergantian. Hasilnya : tersenyum simpul sebagian, sebagian kayak jarum pentul. Tapi rasanya dah oke karna mengembang.

Yang ketiga : bikin karna mo diphoto utk bikin step by stepnya. Sama dgn yg kedua cuman TBMnya merk kupu2. Hasilnya : semuanya kayak jarum pentul tapi mengembang juga.

Yang keempat : Masih penasaran nich. Kenapa yg kedua sama ketiga beda hasil padahal cara udah sama. Buat lagi, kali ngukusnya lebih lama. Hasilnya ternyata sami mawon dgn yg ketiga. Hffff..dah mulai bete nich. Akhirnya baca email2 di milis,nyari ilmu dulu nich hehehehe.Ada yg bilang mungkin karna pengembangnya nich. Dapet saran dari temen yg kebetulan mampir dan meliat bolkus yg banyakan kayak jarum pentul, katanya sich ngocoknya mesti lama biar bisa merekah.
Besok mo beli Sponge 28 dulu ah, lalu bikin lagi. Dan dimikser sampe 30 menit coba. Kalo masih senyum2 doang , ya sudahlah. Soalnya juice alpukatnya cuman tinggal 1 x praktek lagi....kqkqkqkq. Cha yooo bolkus

Labels: ,

posted by Angela Mulianie / Lia @ 12:16 PM  
1 Comments:
  • At December 29, 2008 at 12:36 PM, Blogger kartika said…

    Hola Lia..., toss dulu yha.... walaupun dakuw yang modif resep ini.. ternyata nggak baku tuw hasilnya hu3. Aku juga coba praktek lagi n banyak gak suksesnya ternyata.

    Kalo mau lumayan sukses coba pake santan kara 200ml n alpukat 100 s/d 150 gr terus blender n yang dipake juice alpukatnya 200ml aja. Sisanya tambahin gula n minum ndili.. hehehe..

    Cara bikinnya teteup kocok telur dulu trus tepung n juice selang seling. Mudah2an okeh.. tapiii teteup penasaran sama yang pake susu... soale waktu yang hmff ituw... rasanya okeh banget (narsis yha..hehehe)..

     

Post a Comment

<< Home
 
About Me

Name: Angela Mulianie / Lia
Home: denpasar, bali, Indonesia
About Me:
See my complete profile



POSTINGAN SEBELUMNYA
Label

KOMENTAR PEMBACA




Visitor Map
Create your own visitor map!
ARSIPNYA AQ
Links
  • To my other blog
  • About template & pernak-pernik blog
  • My friends' blogs
  • About homeschooling
  • Layak diintip ^_^
  • About my other interests