>
logo>

angel's kitchen

R H E M A

Kita tahu sekarang , bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikkan bagi mereka yang mengasihi Dia , yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. ( Roma 8 : 28 )
INGAT WAKTU
MY CLUB
logo

kbb

kbb

kbb

SHOUT BOX
Bagi temen-temen yg mau ngisi cooment tentang my blog..bisa ngisi disini nich.. Monggoo
PERNAK PERNIK


MY GOOGLE READERS
Other things










Add to Technorati Favorites

KBB#31 : Chicken, Guinness and Mushroom Pies
Tuesday, September 18, 2012
Happy birthday KBB yang ke-5 !!! Gak berasa ikutan gabung sudah hampir 5 taon . Bergabung pertama kali di tantangan yg ke 5 , dan terus ikutan tantangan kecuali pas ultah kbb ke-2 (huhuhu...nyeseeel abis). Yang pasti banyak sukanya ketimbang dukanya ikutan tantangan KBB. Meski pun banyak resep yang sebelum terima surat tjintah belon pernah dikerjakan , bahkan belum pernah tau namanya kecuali saat menerima surat tjintah KBB , semuanya bikin tambah pengetahuan yang banyak , menambah teknik membuat aneka bakingan , pengetahuan bahan dan banyak banyak banget manfaat yg didapat dalam grup ini. Seperti surat tjintah kali ini , tantangan dgn tema "Who Ate the Pies?" . Awalnya dah males banget begitu dapat surat cinta themanya pastry lagi. huhuhu..kebayang tantangan yg dulu2 pastrynya suka bocor sana sini dan ribetnya gilas menggilas. Apalagi dari sekian banyak tantangan KBB yg aq kerjakan , pertama kalinya setor laporan yg gagal di tantangan bikin pastry! hiksss..... Ternyata setelah dipelototin dan dibaca berulangkali , stepnya sebenernya simple banget dibanding pastry2 yang dulu dan hasilnya enyaaaaaak.. Suka banget dgn teknik bikin pastry yg kali ini. Gampil, cefaat buatnya dan yg pasti gak mungkin bocor2... Untuk alas pienya , bikinnya seperti bikin kulit sus yg padat lalu diuleni. Just like that.. Simple banget kan.!! Sedangkan pastry yg cover pake resepnya Mas Gordon Ramsay ( chef galak di Hells Kitchen , yg suka bentak2in peserta ) dan ternyata kalo membuat resep kebanyakan yg simple dan cepat dibuatnya. Isiannnya mengikuti resep yg disertai di surat tjintah ,meski pun utk yang kalii ni isian pienya boleh terserah kita asal jenis savoury. Cuman aq penasaran dgn tambahan bir guinness yang dicampur dlm isiannya. Pengen tau gimana rasanya dan ternyata pahiiiit...kqkqkq Alhasil aq tambahan krim dan butter utk menambah aroma dan rasanya. Suka sama hasilnya dan my sister yg aq bagi hasilnya juga doyan dan malah minta resep utk membuatnya.. so here the recipe Resep Rough Puff Pastry By Gordon Ramsay www.bbcgoodfood.com 250g tepung protein tinggi 1 sdt garam 250g mentega, di suhu ruangan namun tidak lembek 150ml air dingin Ayak tepung dan garam ke dalam mangkuk lebar. Robek-robek atau iris mentega hingga potongannya kecil-kecil (dadu juga boleh tapi jangan terlalu fine), masukkan ke dalam campuran tepung dan garam dan remas sekedarnya. Kita masih harus bisa lihat bentuk mentega di dalam adonan. Buatlah lubang di tengah-tengah adonan dan tuangkan 2/3 air dingin, aduk hingga membentuk adonan padat tambahkan lagi air dingin jika perlu. Bungkus dengan plastik bening dan biarkan istirahatdi kulkas selama 20 menit. Keluarkan dan letakkan di atas papan kerja yang sudah ditaburkan sedikit tepung, uleni seringan-ringannya dan bentuklah adonan menjadi empat persegi panjang. Gilas adonan hanya ke satu arah hingga 3 kali lebar asal, sekitar 20 x 50cm. Jaga sisi-sisi pastry tetap lurus dan rata. Jangan terlalu lama menguleni mentega yang terlihat nyata di dalam adonan, karena adonan yang seharusnya baik (untuk rough puff pastry) adalah adonan anda memiliki efek marble (dengan mentega--don't think about chocolate, girls!) Lipat pertiga atas adonan ke tengah-tengahnya, lalu lipat sepertiga adonan bawah ke atas dan di atas lipatan tadi. Putar adonan 1/4 turn (ke kiri atau ke kanan) dan gilas lagi hingga 3 kali lipas panjangnya. Lipat seperti sebelumnya (like you would puff pastry, girls), bungkus dengan plastik bening dan biarkan dingin kurleb 20 menit sebelum digilas untuk dipakai. Hot Water Pastry by Donna Hay 150g butter, chopped 160ml water 375g all-purpose flour 1/2 tsp sea flakes Place the butter and water in a saucepan over high heat and bring to the boil. Remove from the heat. Add the flour and salt and stir until a smooth dough forms. Turn the dough out onto a lightly floured surface and knead until smooth and elastic. Beef, Guinness and Mushroom Pies by Donna Hay Guinness bisa ditiadakan bagi kita yang mengkonsumsi minuman non-alkohol. 1 Tbs olive oil 1.5kg beef brisket, chopped into 6cm pieces 1 brown onion, chopped 2 cloves garlic, crushed 1 tablespoon tomato paste 2 teaspoons Worcestershire sauce 1 tablespoon brown sugar 500ml beef stock 430ml Guinness beer 2 tablespoons all-purpose flour 300g Swiss brown mushrooms, halved 2 x quantities hot water pastry eggwash Heat the oil in a heavy-based saucepan over high heat. Add the beef and cook, in batches for 4 minutes or until browned. Set aside. Add the onion and garlic and cook for 3 minutes or until softened. Add the tomato paste and Worcestershire sauce and cook for a further 1 minute. Return the beed to the pan with the sugar, stock and beer. Reduce heat to low and simmer, covered, for 1 hour. Remove the beef and shred with a fork. Add the flour to the pan and cook, stirring, for 2-3 minutes or until thickened. Remove from the heat, add the beef and mushrooms and stir to combine. Refrigerate until cooled. Preheat oven to 200C. Divide the pastry in half and roll each portion out between 2 sheets of non-stick baking paper to 4mm thick. Line a lightly greased 17cm x 35cm pie tin with 1 sheet of the pastry. Spoon the filling into the pastry and place the remaining pastry on top. Press the edges to seal and trim the excess pastry. Brush with the eggwash and bake for 40-45 minutes or until golden. Serves 4-6.
posted by Angela Mulianie / Lia @ 9:33 PM   1 comments
KBB # 27 : FORTUNE COOKIES
Tuesday, January 31, 2012
Yihaaaaaa..... !!!

Tantangan KBB kali ini bener2 bikin kita bak latihan pemain debus dan pemain balapan sekaligus. Bayangin aja , kudu megang cookies dlm keadaan panas dan segera melipatnya dgn kecepatan seperti balapan fast and furious...... wakakaka...

*bisa2nya ngakak padahal masih cekit2 jarinya kena panas nich...  *

Apaan sich Fortune Cookies???
Bagi yg baru pertama kali denger , sama dech sama gw. Kalo bukan karna KBB juga kagak tau apaan itu fortune cookies...hihihihi.




Nich sekilas cerita tentang si FC :

Fortune Cookie atau Kue Keberuntungan adalah sebuah kue yang tipis dan renyah, yang berisi sepotong kertas dengan kata-kata yang berisi petuah atau ramalan. 

Meskipun biasanya disebut sebagai kue keberuntungan Tionghoa, kue ini sesungguhnya diciptakan pertama kali di California, Amerika Serikat, dan bukan di Tiongkok.

Fortune Cookie banyak dijumpai di restoran China di Amerika.

Disajikan setelah selesai makan oleh pelayan restoran sambil menyodorkan bill (rekening). Tidak hanya saat Tahun Baru Imlek, tapi sepanjang tahun.

Fortune cookie adalah kue yang mungil dan renyah. Bahannya mirip bahan kue "semprong" tapi tidak gampang hancur.


Mengapa diberi nama kue keberuntungan? Karena di dalam Fortune Cookie yang berukuran kecil dan teksturnya renyah ini  akan ditemukan pesan `keberuntungan' yang ditulis di secarik kertas putih.

Isi tulisan tersebut beragam. Ada yang isinya sekumpulan angka (siapa tahu bisa menang lotere), atau pesan-pesan asmara. Namun, kebanyakan isinya adalah petuah-petuah bijak dari negeri Tiongkok.

Menurut sejarah, Fortune Cookies berasal dari San Fransisco.
Kue ini ditemukan oleh Makoto Hagiwara, keluarga asal Jepang pemilik Japanese Tea Garden di Golden Gate Park, San Fransisco, pada tahun 1909.

Sempat ada orang lain yang mengklaim sebagai penemunya. Namanya David Jung; pendiri Hong Kong Noodle Company di Los Angeles. Namun, setelah melalui proses persidangan, pengadilan memutuskan bahwa Hagiwara-lah penemu yang sah.


Tak perlu terlalu serius menanggapi pesan dalam kue.

Ada beberapa variasi `permainan' dalam mengonsumsi kue ini .

Ada yang menganggap kue harus dimakan sampai habis agar keberuntungan terwujud, dan sebaliknya, kue tidak usah dimakan jika pesan di dalamnya tidak berisi keberuntungan. Itu bagi orang yang berpendapat bahwa pesan harus dibaca sebelum kue dimakan.


Namun, ada pula yang menganggap kue harus dihabiskan dulu sebelum pesan dibaca.

Apa pun itu  , tanpa kertas keberuntungan di dalam cookiesnya , gw tetap menganggap orang yg makan fortune cookies adalah orang yg paling beruntung. Gimana kagak , tinggal makan doang gak perlu merasakan jari jemari yg cekit cekit kena panas pas melipatnya...........
hihihihi.......

and here's the recipe :

Fortune Cookie
Source: http://chinesefood.about.com


Fortune cookies can be tricky to make - it's important to make sure that the cookie batter is spread out evenly on the baking sheet. Instead of using the back of a wooden spoon to spread the batter, it's better to gently tilt the baking sheet back and forth as needed. Wearing cotton gloves makes it easier to handle and shape the hot cookies. This fortune cookie recipe makes about 10 cookies.
Prep Time: 15 minutes

Cook Time: 15 minutes

Total Time: 30 minutes

Ingredients:



2 large egg whites
1/2 teaspoon pure vanilla extract
1/2 teaspoon pure almond extract
3 tablespoons vegetable oil
8 tablespoons all-purpose flour
1 1/2 teaspoons cornstarch
1/4 teaspoon salt
8 tablespoons granulated sugar
3 teaspoons water
Preparation:

1. Write fortunes on pieces of paper that are 3 1/2 inches long and 1/2 inch wide. Preheat oven to 300 degrees Fahrenheit. Grease 2 9-X-13 inch baking sheets.

2. In a medium bowl, lightly beat the egg white, vanilla extract, almond extract and vegetable oil until frothy, but not stiff.  *lupa kepoto pas yg ini .. :( *

3. Sift the flour, cornstarch, salt and sugar into a separate bowl. Stir the water into the flour mixture.


4. Add the flour into the egg white mixture and stir until you have a smooth batter. The batter should not be runny, but should drop easily off a wooden spoon.


5. Place level tablespoons of batter onto the cookie sheet, spacing them at least 3 inches apart. Gently tilt the baking sheet back and forth and from side to side so that each tablespoon of batter forms into a circle 4 inches in diameter.


6. Bake until the outer 1/2-inch of each cookie turns golden brown and they are easy to remove from the baking sheet with a spatula (14 - 15 minutes).


7. Working quickly, remove the cookie with a spatula and flip it over in your hand. Place a fortune in the middle of a cookie. To form the fortune cookie shape, fold the cookie in half, then gently pull the edges downward over the rim of a glass, wooden spoon or the edge of a muffin tin. Place the finished cookie in the cup of the muffin tin so that it keeps its shape. Continue with the rest of the cookies 



*punyaku setelah dibentuk , dipanggang lagi biar dapat hasil yg lebih crunchy

Ini hasil akhirnya

WELL DONE .... !!!


Labels: , ,

posted by Angela Mulianie / Lia @ 2:25 PM   1 comments
KBB #26 : Panettone
Tuesday, November 29, 2011
Tugas KBB kali ini sebenernya gampang buanget dikerjakan kalo boleh memakai bantuan BM ( Bread Maker )  , apadaya sesuai ketentuan semuanya harus dikerjakan secara manual biar berasa sepenanggungan dlm ngulenin roti hihihihi.

Makanya ngumpulkan tugas pun mendekati minggu terakhir karna kudu mengumpulkan tenaga dan niat yg besar ( ini yg susaaah banget , apalagi kalo dah mebayangkan hrs pake acara banting membanting ). fffiiiuuh...

Dan bener aja , kalo ngulenin pake tangan entah napa mesti hasil punyaku gak pernah bisa kalis dgn bagusnya. Padahal ini dah pake acara banting membanting sampe 20 menit lebih lho... haizzzzz.... *sambil ngelap keringet yg bercucuran * kqkqkqkqkq

Untung aja hasilnya jadi hihihihihi..

and here"s my report................................

Panettone

Sejarahnya adalah :

Roti Italia yang bersejarah, dihiasi dengan buah-buahan mungil bak permata seperti citrus dan raisin, pertama kali dibuat di Milan sekitar tahun 1490. Roti ini kemudian secara cepat menyebar ke seantero Italia, dari pegunungan Alpen di Utara, hingga ke Sisilia di Selatan. Cerita legenda yang populer adalah mengenai asal usul dari panettone. 

Cerita yang paling populer adalah cerita tentang bangsawan muda yang jatuh cinta kepada seorang anak peremepuan dari seorang chef pastry bernama Toni. Untuk memberi kesan kepada ayah dari perempuan yang dia cintai, pemuda tersebut menyamar menjadi chef pastry junior yang sedang magang, yang lalu menciptakan roti berbentuk kubah (dome) yang manis dengan rasa khas. Roti rasa baru ini laku keras, orang berbondong-bondong antri di toko roti tersebut untuk membeli roti pan de Toni.

Di Milan, para pengusaha memiliki kebiasaan untuk memberikan roti panettone sebagai kado natal kepada klien-klien mereka. Namun, jauh sebelumnya, panettone dikenal sebagai makanan mewah, yang tidak semua orang mampu membelinya. Hingga pada suatu saat, tehnik-tehnik produksi baru bisa menekan biaya produksi sehingga membuat panettone bisa terjangkau semua orang. Sebuah proses yang mengkombinasikan ragi dengan paper mould akan membuat ragi merata di adonan roti sehingga menjadi roti yang sangat ringan.

Saat ini panettone, dikenal di seluruh dunia dengan berbagai variasi, dengan diisi krim, ditutup dengan coklat dan icing almond. Roti ini dijual dalam kemasan cantik.  Panettone dapat dinikmati dengan seribu satu cara, dipotong tipis atau tebal, disiram dengan berbagai saus, diisi atau ditutup dengan krim. Sangat cocok sekali di toasted untuk sarapan pagi, dicelup ke susu dingin atau panas, hingga melunak. Panettone bukan hanya tradisi natal, tapi juga pelengkap yang lezat untuk hidangan yang nikmat.


Panettone (traditional Italian christmas bread)
Source: The Worldwide Gourmet

Ingredients
 - 1 1/2 cakes of fresh baker's yeast
- 65 ml (1/4 cup) sugar
 - 6 tbsp. warm water
- 6 egg yolks
- Finely grated zest of 1 lemon
- A pinch of salt
 - 500-750 ml (2-3 cups) flour
 - 100 ml (6 tbsp.) diced candied peel
 - 100 g (6 tbsp.) + 2 tbsp.butter
- 4 tbsp. sultanas
- 4 tbsp. currants
 - 1 tsp. vanilla

>> Method
 Sprinkle 1 tbsp. granulated sugar and the yeast over the warm milk and let sit 3 minutes; mix and let rest in a warm draft-free place (e.g., a warm oven that has been turned off) until the mixture has doubled in volume, approximately 5 minutes;
 pour the mixture into a bowl, add in the egg yolks, vanilla, lemon zest, salt and remaining sugar;
gradually mix in 500 ml (2 c.) of the flour by hand until a smooth consistency is attained - the dough should easily come together into a ball;
 gradually add the butter cut into small dice and beat until the dough becomes smoother and more elastic;
 add 125 to 250 ml (1/2 to 1 c.) more flour until the dough is firm and silky but not sticky;
place the ball onto a lightly floured surface. Knead the dough for approximately 10 minutes. When the dough is smooth and shiny, place into a buttered bowl; dust lightly with flour, cover with a kitchen towel and place in a warm draft-free place for about 45 minutes until doubled in volume;
 punch down the dough firmly with your fist and flatten it out in the bowl; add the candied lemon peel, raisins and currants and knead until well distributed but without working the dough more than necessary;
line a large bread pan with brown paper that has been well buttered on both sides; place the dough in the pan and trace a cross on top;
cover with buttered paper and let rise again in a warm place for 15 minutes;
remove the paper from the top; brush the top with softened butter.
 Baking

Preheat the oven to 200°C (400° F);
place the bread pan on the middle rack of the oven and bake for 10 minutes;
 reduce the oven temperature to 160° C (350° F) and continue baking for another 30 to 40 minutes, brushing again with melted butter; the bread is done when the surface is golden and crispy;
 remove from the oven; remove the paper and let cool for 15 minutes before unmolding.

Panettone (traditional Italian christmas bread)
Source: The Worldwide Gourmet

Bahan :
1 ½ cakes of fresh bakers yeast (ragi)
65 ml (1/4 cup) gula
6 tbsp air hangat
6 kuning telur
Lemon zest dari 1 buah lemon
Sejumput garam
500-750 ml (2-3 cups) tepung terigu
100 ml (6 sdm) potongan candied peel
100 gr (6 sdm) + 2 sdm butter/mentega
4 sdm sultana
4 sdm currant (beri berian :P)
1 sdt vanilla


Cara Membuat :
Masukan 1 sdm gula dan ragi kedalam susu hangat, diamkan selama 3 menit. Kemudian  mix dan istirahatkan ditempat yang kering dan hangat (contoh diatas oven yang sebelumnya telah dipanaskan) sampai volume campuran menjadi 2 kali lipatnya, kurang lebih 5 menit.

 
Masukan campuran tersebut kedalam mangkuk, tambahkan kuning telur, vanilla, parutan kulit lemon, garam dan sisa gula. Campur 500 ml (2 cup) tepung terigu secara bertahap sampai lembut ditangan dan adonan dapat dibulatkan. Kemudian campurkan potongan butter sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi lebih lembut dan lebih elastis.
 
Campur 125 hingga 250 ml (1/2 hingga 1 cup) terigu sampai adonan lebih kokoh, lembut dan tidak lengket.


 
Letakan adonan diatas meja kerja yang telah di taburi sedikit terigu. Uleni adonan kurang lebih 10 menit. Setelah adonan lebih lembut masukan kedalam wadah yang telah di olesi butter, taburi dengan sedikit tepung terigu tutup dengan kain dan letakan ditempat yang kering kurang lebih selama 45 menit sampai adonan bertambah volumenya dua kali lipat.


 
Kempiskan adonan, tambakan candied lemon peel, kismis dan currants kemudian uleni sampai semuanya tercampur rata.
 
Taruh kertas roti yang telah di olesi butter dua sisinya dalam loyang besar, masukan adonan dan beri jejak (torehan) diatasnya. Tutup dengan kertas yang telah diolesi butter dan diamkan selama 15 menit di tempat hangat sampai adonan mengembang, Angkat kertas dari atas adonan dan oleskan butter diatas adonan tersebut.

Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius (400 derajat F), taruh loyang yang telah berisi adonan dalam oven dan panggang kurang lebih 10 menit, turunkan suhu oven ke 160 derajat celcius (350 derajat F) dan panggang lagi selama 30 sampat 40 menit, oleskan adonan roti dengan lelehan butter, roti akan matang setelah bagian atasnya berubah menjadi keemasan dan krispy.


 
Angkat dari oven dan biarkan selama 15 menit kemudian keluarkan dari loyang.


dan inilah hasilnya......



Labels: , ,

posted by Angela Mulianie / Lia @ 10:58 AM   0 comments
KBB#25 Devonshire ‘Birthday Party’ Tea : SCONES
Friday, September 30, 2011



Hip..hiiip..huraaaay... !!!

Gak berasa udah ulang tahun ke-4 KBB tertjintaah.
Banyak sukanya gabung di klub yg heboh , rame dan suka bikin deg2an dgn surat-surat tjintahnya.

Gimana gak deg2an , kadang tantangannya membuat sesuatu yg sama sekali gak pernah didengar , dibayangkan apalagi dicicip....hihihihi.


Lah seperti tantangan kali ini , baru tau yg namanya Scones itu jajanannya khas Inggris. Ndesooooo....ndesoooo... kqkqkqkq

Happy birthday... KBB !!! Semoga klub ini terus bertahan , membawa manfaat yg banyak bukan hanya bagi anggotanya tapi juga para kuliner dan blogger di mana aja... Amiiiin

Inilah tantangan untuk kali ini , SCONES ..... !!!

Devonshire tea adalah sebuah sajian minum teh khas Inggris yang konon berasal dari daerah Devon, dimana scones disajikan bersama clotted cream dan selai. Clotted cream merupakan krim kental yang kandungan lemaknya sangat tinggi, sehingga tidak banyak dikonsumsi.

Scones berasal dari kata sconbrot, merupakan ‘roti’ khas Skotlandia yang pada akhirnya diadaptasi oleh masyarakat Inggris menjadi makanan khas Inggris yang pembuatannya hanya meliputi tiga bahan utama: tepung, mentega dan susu. Tekstur scones haruslah ringan, dan tidak berat dan tidak basah seperti brownies, dengan demikian baking powder banyak digunakan sebagai bahan pengembang.

Rasa scones bermacam-macam namun secara tradisional scones disajikan plain dan tidak banyak memakai gula. Selain itu scones populer dipanggang bersama cincangan kurma , kismis , sultanas atau currants

Resep Scones:

Sumber: Edmonds Cookery Book, NZ.

Untuk 12 potong

3 cups tepung terigu

6 sdt baking powder

¼ sdt garam

75g mentega

1 - 11/2 cup susu segar

ekstra susu

Ayak tepung, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk. Masukkan mentega dan remas hingga berbulir2 seperti remah roti. Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut. Gilas beberapa kali. Tabur tepung sedikit ke atas baking tray. Letakkan dan tekan-tekan adonan scones di atas baking tray. Iris 12 potongan yg sama. Sisakan jarak 2cm antara satu scones dengan yang lainnya. Olesi susu segar di atas scones. Panggang dengan oven 220C selama 10 menit atau hingga matang kecoklatan.

Date Scones

Tambahkan ¾ cup kurma cincang, 1 sdM gula dan ½ sdt bubuk kayu manis ke dalam tepung. Sebelum dipanggang, taburi scones dengan campuran bubuk kayu manis dan gula.


Aq bikin scones hanya 1 adonan aja tapi dibagi menjadi 3 rasa : plain , kismis dgn keju.

Asli..bikinnya gampaaaaang banget dan cepet jadinya. Makanya sempet ngulang beberapa kali setelah tugas.

Makannya kudu anget2 biar enyak

en inilah hasil akhirnya

Ngeteeh yuuuk...

Labels: , ,

posted by Angela Mulianie / Lia @ 1:58 PM   0 comments
KBB 24 : Rich Chocolate Tart
Saturday, July 30, 2011


Tantangan kali ini gak terlalu ribet bikinnya karena dah pernah bikin pie dari pe er kbb sebelumnya. Hanya saja yg tadinya dah mau ngerjakan di awal bulan ternyata malah mundur bikin di minggu ke empat. Maapkeun ya host :D

Hasil dari pe er kali ini bingung membedakan antara ini makan cake or makan coklat , soalnya rasanya coklaaaat abieezzz. Bagi yang maniak sama coklat cucook banget dah.

So..here my homework



KBB#24: Rich Chocolate Tart

Sumber: Best Food: Desserts. The Australian Women Weekly.

Untuk 10 porsi

 

Pastry

185g tepung terigu

25g coklat bubuk

55g icing sugar mixture

150g mentega dingin, cincang

2 kuning telur

1 sdt air dingin


 

Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

 

Panaskan oven, suhu sedang (moderate). 

 

Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

 

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.


 

Chocolate Filling

4 kuning telur

2 butir telur

55g gula caster

80ml krim kental

300 DCC, lelehkan

1 sdt ekstrak vanilla


 

Buatlah pastry, lalu turunkan panas oven hingga suhu rendah (moderately slow).

 

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.


here's the result :

Labels: ,

posted by Angela Mulianie / Lia @ 2:33 PM   4 comments
KBB#23: Cheesy Fun
Monday, May 30, 2011





Tantangan kali ini tantangan double porsi , bukan hanya membuat LCC (Lemon Cheese Cake) untuk pertama kalinya , tapi juga membuat Mascarpone Cheese secara homemade utk pertama kalinya juga

Soalnya dah lama banget gak beli Mascarpone Yummy langsung shock aja melihat harganya sekarang yg lumayan berat di kantong. kqkqkq
Alhasil meski pun nemu Mascarpone di spm , teteup keukeuh mebulatkan tekad membuat Mascarpone sendiri. Gampiil banget dan ekonomis banget


Bayangin aja dgn uang setara dgn beli 1 cup Mascarpone 200 gr , bisa dapet cream Elle&Vire 1 liter , 150 ml dibuat menjadi Mascarpone dgn tambahan 15 ml air lemon jadinya 95 gr mascarpone. Sisa cream yg masih buanyaak itu, aq pake buat bikin saos carbonara , sup krim jamur , dll. Mantaaap banget itung2an kali ini..hahaha...

Yang bikin happy  , dapat kiriman Manisan Apricot dari mbak Emma Isti buat melengkapi bahan2 tugas KBB kali ini *makasiiih mbak Em.. aq padamu dweeh ...hahahaha...*

Inilah rekor dlm sejarahku mengerjakan PR KBB , akhirnya bisa setoran di minggu pertamaaaa !!! cihuii....

Here's the recipe :

Lemon Cheese Cake
Sumber: Successful Baking



Bahan-bahan :
Untuk 8-10 porsi
¼ cup port ----- (*sejenis wine - bisa diganti) --> aq ganti pake air lemon
¼ cup orange juice ---> aq ganti pake air lemon juga :D
75g sultanas
150g mascarpone --> homemade booo...
400g ricotta
125g gula kastor
2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
3 buah lemon, parut kulitnya
60g tepung terigu
80g manisan apricot, iris tipis

Crust:
30g mentega tawar
185g kacang2an, haluskan --> aq pake almond bubuk  , beli jadi so gak refot giling dan saring kacang lagi *pemalaaas*
8 sdt gula kastor
4 sdt dark brown sugar --> aq ganti pake palm sugar
½ sdt bubuk kayu manis
¼ sdt bubuk mixed spice --> aq ganti dgn bumbu onbitkoek hsl pr kbb yg dulu


Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.

Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.

Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.

Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.

Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.

notes : aq bikin utk crustnya 1 resep ( dpt bocoran dr bbg KBB kalo crustnya kurang kalo sesuai resep ^_^ ) dan fillingnya 1/2 resep aja. Loyang yg aq pake diameter 16 cm









Labels: , ,

posted by Angela Mulianie / Lia @ 1:00 PM   0 comments
KBB#21 : CREME BRULEE
Sunday, January 30, 2011



Tantangan kali ini dapet pr bikin Creme Brulee. Sebenernya dessert satu ini dah lama banget penasarannya semenjak nontonHigh Scholl Musical dimana ada cerita salah satu pemainnya membanggakan diri bisa bikin creme brulee trus pas diakhir cerita tokoh cewek jutek dan sombong itu akhirnya tergila2 dgn creme brulee buatannya.

Hmmm...bikin penasaran banget dgn rasanya.

Trus kesampaian ngicip waktu kumpul bareng temen2 arisan FF di Ultimo-Oberoi Seminyak dan ngicip yg namanya Creme Brulee. Ternyata enyaaak banget.

Semakin menggebu pengen nyoba bikin sendiri . emang apa sich susahnya bikin desset Creme Brulle?? hahaha...belaguuuu

Tapi yg terjadi yang ada niat tetap niat , udah browsing resep , browsing video pembuatan step by stepnya teteuupp aja gak pernah dikerjakan sampe akhirnya muncul Surcinto alias Surat Cinta dari KBB dan isinya CREME BRULEE !!!!

Akhirnyaaa..emang kudu mengerjakan dan mengetahui sendiri tip en trick nya bikin dessert yg satu ini.

Hasilnya........... rugi kalo belon pernah nyoba bikin dan makan yg namanya Creme Brulee !!
Bahannya gak susah dan buatnya juga gampil. Hanya emang ada beberapa tips y perlu diperhatikan

So... here the recipe :

Creme Brulee
Source: Jamie Oliver: The Naked Chef 2

Serves 6

300g fresh rhubarb
3 Tbs caster sugar
2 vanilla pods
300ml double cream
200ml full fat milk
8 egg yolks
80g sugar

Preheat the oven to 140C/275F/Gas 1. Roughly slice up the rhubarb and place it in a pan with the caster sugar and 5 tablespoons of water. Simmer until tender, divide between 6 small serving dishes which your brulee will be cooked in, then set aside.

Score the vanilla pods lengthwise and run the knife up the pod to remove the vanilla seeds. Scrape these into the pan with the pods, cream and milk and slowly bring to the boil. Meanwhile beat together the yolks and the sugar in a bowl until light and fluffy. When the cream and milk are just boiling, remove the vanilla pods and add little by little to the egg mixture, whisking continuously. I like to remove any bubbles or froth from the mixture before dividing it into the serving dishes, on top of the rhubarb. Stand these in an appropriately sized roasting tray filled with water half way up the containers, and bake in the pre-heated oven for around 25 minutes until the custard mixture has set but is still slightly wobbly in the centre.

Allow to cool to room temperature then place in the fridge until ready to serve. Sprinkle with sugar and caramelize under a very hot grill or using a kitchen blowtorch. Lovely.


Sempet nyobain yang original hanya pake Vanilla saja , juga sempet nyoba yg pake Mangga masem , sayang overbaked hasilnya..hikss
 

ini hasilnya :


With Greentea , penasaran dgn percobaan Mira yg heboh banget di grup bbmnya KBB , jadi ikutan pengen nyoba. Hasilnya enyaakk


















Kalo yg ini pure just Vanilla Pods , aq hanya bereksperimen dgn pembuatan karamelnya , tidak diblowtourch tapi dibikin karamel di panci , tuang di atas baking sheet lalu ditarik2 sehingga mem
bentuk tali-tali tipis kayak gitu.















Hasil jepretannya suami tercinta yg emang jago photo , jelas beda lah dgn punya istrinya yg amatiran...hahahaha...















Banyak simpang siur tentang waktu pemanggan yg di resep , ada yg perlu waktu sampe 50 menit tapi ada pula yg sesuai resep 25 menit dah set.
Kalo aq waktu pertama pake otang dgn termometer menunjukkan 150-160 derajat C , dan manggang emang hampir 50 menit baru set.

Abis gitu nyoba pake baking pan listrik yg suhunya gak bisa diatur , kayaknya sich sekitar 200 C , pas nyoba di 50 menit hasilnya over bake. hikss

akhirnya nyoba lagi pas 25 menit dah set.

tapi lebih makyuss hasilnya yg manggang dgn suhu rendah dan dengan waktu yg lama. Hasilnya lebih creamy dan lembuut banget

Kesan selama pembuatan , gak rugi nyoba bikin dessert ini !! You must try it yourself... !!!!!



Labels: , ,

posted by Angela Mulianie / Lia @ 6:24 PM   0 comments
About Me

Name: Angela Mulianie / Lia
Home: denpasar, bali, Indonesia
About Me:
See my complete profile



POSTINGAN SEBELUMNYA
Label

KOMENTAR PEMBACA




Visitor Map
Create your own visitor map!
ARSIPNYA AQ
Links
  • To my other blog
  • About template & pernak-pernik blog
  • My friends' blogs
  • About homeschooling
  • Layak diintip ^_^
  • About my other interests